Solusi Tinta Hitam tidak Keluar pada Printer Canon MP258 Akibat Tinta Kering atau Tersumbat

Pernahkah printer anda mengalami masalah seperti Error, hasil cetak yang tidak sesuai atau malah tinta yang tidak keluar? Saya pernah mengalami salah satu dari masalah tersebut pada Printer Canon MP258, tinta hitam printer saya tidak keluar padahal tintanya masih ada. Hal ini sungguh membuat saya kesal, bagaimana tidak, ketika akan mencetak sesuatu tiba-tiba ada masalah. Saya coba cari solusinya dengan bantuan om Google, ternyata hal seperti nie memang biasa terjadi akibat Printer yang jarang digunakan, apalagi Catridgenya sudah pernah direfill.
Langkah pertama yang saya lakukan adalah membersihkan Kepala Cetak Cartridgenya dengan fasilitas yang ada pada Printer, pembersihan sudah saya lakukan sampai "Pembersihan Tingkat Dalam", Namun tetap aja nggak ada hasilnya. Akhirnya saya menemukan solusi untuk masalah tinta tidak keluar pada Printer Canon MP258, yaitu dengan cara merendam Kepala Cartridge ke dalam air panas dan membersihkan bak (tank) Cartridge tersebut. Awalnya saya sempat ragu karna takut malah makin parah/rusak, tapi dengan modal nekat saya lakukan hal tersebut dan ternyata berhasil. Bagi anda yang masih ragu-ragu sebaiknya tidak mengikuti saran saya ini, namun bagi anda yang ingin mencoba mari silahkan simak langkah-langkahnya seperti di bawah ini.


  1. Lepaskan Cartridge
  2. Buka bagian atas penutup Cartridge dengan cara mencongkelnya memakai obeng minus (-)
  3. Ambil busa yang terdapat dalam Cartridge
  4. Rendam busa dengan air dan bersihkan hingga bersih
  5. Rendam sambil goyang-goyangkan Head Cartridge dengan air hangat selama 15-20 menit (usahakan bagian chip jangan terkena air)
  6. setelah Cartridge selesai direndam, tuangkan sedikit air hangat ke dalam bak (tank) Cartridge sambil dibilas hingga bersih
  7. Lap bagian bak (tank) Cartridge dengan tisu
  8. keringkan busa dan Cartridge dengan panas matahari hingga benar-benar kering
  9. pasangkan kembali Cartridge seperti semula, pakai Lem untuk menyatukan penutup Catridge
  10. isi tinta kira-kira 4ml ke dalam Cartridge dan biarkan meresap hingga 15 menit
  11. pasangkan kembali Cartridge ke Printer
  12. Lakukan proses pembersihan kepala cetak
  13. Lakukan pengetesan, jika masih belum bisa diamkan hingga beberapa jam kemudian coba lagi
Semoga berhasil, jika anda tidak ingin mengalami hal tersebut atau malas melakukan seperti yang di atas, belilah Cartridge yang original setelah tinta sudah habis (Canon selalu menyarankan anda untuk mengganti Cartridge yang sudah habis dengan yang baru agar Printer anda tetap awet).


YOU MIGHT ALSO LIKE

49 comments:

Anugrah Mitria Sari said...

Izin copas ya,,,,;)

AnzCyber said...

@Anugrah Mitria Sari, kaLo mau copas toLong dibuat sumbernya!

sofyan said...

ijin ngeprint buat arsip pribadi soalnya punya temen sering terjadi kering

AnzCyber said...

@sofyan siLahkan aja gan...

Anonymous said...

saya udah nyoba, persis sama seperti langkah2 diatas..udah aku diemin hampir 3 jam an, kok masih garis garis ya mas..minta solusi lain dunk mas..thanks alot ya mas :)

AnzCyber said...

dicoba ngprint berkaLi2 mas biar tintanya keLuarnya Lancar, kadang2 hasiLnya memang tidak Langsung sempurna mas atau soLusi Lainnya ganti tintanya (bkn Cartridge Lho..)

Gita Abigail Simamora said...

Gan, punya saya soalnya bukan pakai catridg, pakai infus. Tinta nya sudah diisi penuh, sudah dilakukan pembersihan sampai pembersihan tingkst dalam. Tapi ttp saja tinta hitamnya tdk bsa keluar. Gimana gan kalau begitu? cpt balas ya gan, ini penting sekali utk pencatatan sipil. thx

AnzCyber said...

@Gita Abigail Simamora, periksa duLu seLang infusnya gan mana tau tersumbat, kaLo seLang infusnya Lancar periksa Cartridge nya, caranya buka Cartridge dari sLotnya kemudian ambiL tisu dan usapkan tisu tersebut ke Head Cartridge jika tintanya tidak keLuar maka agan bisa meLakukan metode di atas(jika yakin)tp jika tintanya keLuar saia masih beLum menemukan soLusinya gan.. (soLusi terbaik, tercepat, dan akurat ganti dengan Cartidge baru)

Jawaban Lengkap quiz Parampaa said...

gan, tu busanya, apakah dibersihkan dgn air panas atau dingin aja? aku tunggu blsannya gan d blog ane. aku mohon gan..

AnzCyber said...

@Jawaban Lengkap quiz Parampaa, terserah gan yang penting tidak sampe merusak busanya, kaLo saia sih bersihinnya pake air dingin

yenny azantie said...

cara nglepas catridge nya kok susah ya T.T trs ngisi tintanya itu lubangnya sblh mna ya gan...
bingung bru prtma kali pnya printer neh :'(

AnzCyber said...

@yenny azantie, printer apa gan?
untuk cara ngeLepas Cartridgenya Lihat aja buku petunjuknya gan biar jeLas.. kaLo mau ngisi tintanya Lubangnya ada di atas Cartridgenya tp buka duLu stikernya

weblog ask said...

trims atas tips N infonya

Bahaya Tidur Sambil Dengarkan Musik said...

di Tinta Canon MP145 Bisa gak yah?? :-/

AnzCyber said...

tentu bisa donk..

Anonymous said...

gan mp 258 tinta nya di ganti pake tinta basis pigmen bisa gak??? makasih

AnzCyber said...

bisa gan

Ramdhani Maxbreaker said...

gan, di canon mp258 saya, tinta di infusnya kok tidak bisa masuk di cartidge ya ? Tolong di balas.thx

AnzCyber said...

@Ramdhani Maxbreaker, kemungkinan infus anda masuk angin (ada udara pada selang infusnya) solusinya copot selang dari cartridge kemudian keluarkan udara yg ada pada selang, silahkan cari di google untuk solusi lainnya tentang mengatasi infus yang masuk angin..
jika memang tidak masuk angin kemungkinan cartridge anda bermasalah

Mardi said...

Om, catridge saya original n tintanya masih banyak, tapi warna hitam ga mau keluar.
Ada solusi selain bongkar catridge ga ?
Sudah beberapa kali deep cleaning tp ga sukses.

AnzCyber said...

@Mardi, udah pernah refill Lum gan? coba lepaskan Cartridge tes dengan tisue apakah tintanya keluar atau tidak, jika tinta tidak keluar itu cartridgenya yg tersumbat tp kalau tintanya keluar itu kemungkinan cartridgenya yg bermasalah (chipnya udah rusak)

odeview Lare osing said...

wah bener tuh,. spesifikasi saran yg sanga membantu gan,.
tq beud dah buat agan dah berbagi pangalaman

Anonymous said...

kalau mp258 tintanya pake cartridge canon pg-830 bisa gak ya?
makasi

AnzCyber said...

MP258 kan pake Cartridge Canon PG-810, jadi kemungkinan tidak bisa gan karna gk setipe..

rizqi yuni said...

printer di rumah saya tinta hitamnya gabisa keluar gan .. gimana tuh ?
mau dibersihkan tapi saya tdk ahli dlm membongkar bongkar :D
segera di balas ya gan penting soalnya !!!!!!!!

Mengklek@blog.com said...

om uda saya coba.... trus saya ambil tissu aku tempelkan di tempat penyemprot tintanya keluar.... tapi ko masih bergaris... garis ya om... gimana tu...??

erwin heryanto said...

thanks gan sangat berguna sekali
izin kopas heheheh

oh ya bagaimana dengan tinta warna yang warna kuning am merahnya tdk mau keluar
gi mana gan

AnzCyber said...

@erwin heryanto, untuk warna yg Lainnya jika masalahnya juga tersumbat maka penyelesaiannya jg sama aja..

AnzCyber said...

@Mengklek@blog.com, kaLau masih bergaris2 coba Lakukan print berkali2 jika beLum juga, Lakukan pembersihan pada Kepala Cetak sampai tingkat Dalam.. semoga berhasil

Stefanus Andi said...

gan, itu buat lem nya pakai lem apa ya?
thanks

AnzCyber said...

@Stefanus Andi, saia pakai Lem Alteco gan, yg penting Lem untuk pLastik dan yg pasti Lengket gan

Sri Baz said...

Om, printer MP258 saya pake tinta infus, awalnya lancar sampai ada masalah tinta hitam tdk keluar. Saya utak atik (reset printer) eh lancar kembali, tp muncul masalah lain, printer tdk mau setting di "black only", slalu ke "color" saja. Kalo print hitam putih, saya lbh suka "black only". Solusinya gmana ya, om? Kalo di-check en print, garis2 tinta hitam bagus, tp kok gak tercetak kalo print dokumen? Thanks ya, om... urgent banget nih :(

Sri Baz said...

Om, printer MP258 tdk bisa disetting "black only", selalu kembali ke setting "color", apa solusinya ya? Saya pake tinta infus, awalnya lancar sampe ada masalah tinta hitam tdk keluar. Saya reset printer, akhirnya bisa, tp setelah itu muncul masalah tinta hitam tdk keluar kalo nge-print dokumen, tp kalo print setelah cleaning, garis2 hitamnya bagus. Tolong solusinya, om... urgent banget. Thanks ya

Sri Baz said...

Om, printer MP258 tdk bisa disetting "black only", selalu kembali ke setting "color", apa solusinya ya? Saya pake tinta infus, awalnya lancar sampe ada masalah tinta hitam tdk keluar. Saya reset printer, akhirnya bisa, tp setelah itu muncul masalah tinta hitam tdk keluar kalo nge-print dokumen, tp kalo print setelah cleaning, garis2 hitamnya bagus. Tolong solusinya, om... urgent banget. Thanks ya

Catur 73 said...

printer sy canon pixma mp496..
habis tinta hitam tp stlah refill malah mampet trus hasil print garis2..
gmna ya mas..apa merk tinta ngaruh jg?

Anonymous said...

TKS SNGT MEMBANTU , IZIN COPAS BOS

AnzCyber said...

@Catur 73, ngaruh juga itu gan.. jgn sering ganti2 jenis tintanya gan

Anonymous said...

mau tanya nih...
saya punya printer ix6500 canon udah d infus pas tinta habis udah di isi tapi ga keluar warna hitamnya ?
kenapa ya?

AnzCyber said...

coba cek selang infusnya, apakah tintanya mengalir dengan baik atau masuk angin, usahakan refill tinta jgn sampe tintanya habis duluan

EDI MAHMUD said...

bos, punya ane tu lain
cartridge kalau dipakai ngeprint tinta gak keluar,
tapi kalau dipindah keprinter lain lancar, trus gimana.

AnzCyber said...

@EDI MAHMUD, cartridgenya tidak terbaca di printer anda, kemungkinan printer anda yg bermasalah

rara putri said...

waaa.... terimakasih mas.. benar2 manjur di printer canon ip2770 saya :D

tacool ae said...

gan.. dikantor printer MG 2170 warnanya lancar tapi kok itemnya gak mau keluar dia pakek infus.. kek mana caranya gan???

tacool ae said...

agan... dikantor saya printer canon MG2170, setelah dilakukan cleaning eh... itemnya gak mau keluar,, tapi untuk warnanya bagus sangat!!! kek mana tue gan!!!

yunus sumantri said...

kalau hasil cetakan bengkok seperti ular gimana mas soalnya sudah penjajaran kepala cetak n cleaning luar dalam masin begitu malah sekarang warna hitam nya tebal tipis gimana ya

mamet_d5 said...

agan bro, maaf ni, mau naya! kalau masalah di printerku, tintanya masih ada, malah penuh, tapi hasil cetakannya nga jelas banget, bergaris", samar", acak"kan....meskipun udah saya lakuin pembersihan mulut semprot, pembersihan tingkat dalam malah, tetap aja gitu.. ada solusi ngk gan, apa itu karena kekeringan??? thx sbelumnya....

Arif Rachman said...

Kang cara diatas berlaku untuk printer canon MP 237 gak???

Ryantyas Ryan said...

gan kalau printer sy canon mp258nya tintah hitam jika di letakkan pd kertas tissu normal, tapi saat ngeprin tdk bisa keluar, tolong pencerahannya gan trims

AnzCyber said...

@Ryantyas Ryan, kemungkinan Cartridgenya rusak gan

Loading...

My Social Network

About AnzCyber

My Photo
Firman Siahaan A.K.A Anz, trying to share what I know about computer Tips and Tricks, Multimedia and many more..
AnzCyber @ Google+, 'N Facebook